Antara Blogger dan WordPress Lebih Mudah Mana? Ini Penjelasannya

Sebelum anda hendak membuat blog atau website, tentu anda akan mencari tau terlebih dahulu apa yang anda butuhkan untuk membuatnya. Dan ketika searching di internet anda akan menemukan banyak situs yang membandingkan antara Blogger dan WordPress.

Namun yang akan membuat kita semakin bingung adalah sebuah jawaban yaitu “Sesuai kebutuhan anda”, sebenarnya jawaban itu jika dibaca oleh para master blogger mereka tidak akan kebingungan karena mereka sudah mencoba keduanya baik itu blogger ataupun wordpress.
Jawaban “Sesuai kebutuhan anda” memang tidaklah salah karena platform-platform tersebut memang memiliki fungsinya tersendiri. 
Namun sesuai judul, kali ini kita akan membandingkan lebih mudah mana antara Blogger dan WordPress. Tapi sebelum kita membahas pendapat dari para Master Blogger kita akan membahas dulu apa itu Blogger dan WordPress.
Apa itu blogger?
Menurut wikipedia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Blogger_(layanan)
Blogger atau juga sering disebut Blogspot adalah salah satu penyedia layanan pembuatan wesite secara gratis, Blogger atau Blogspot ini dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Jadi Blogger adalah salah satu layanan Google dimana kita bisa memposting dan membaginya kepada publik.
Apa kelebihan Blogger?
Jika ditanya kelebihan sebenarnya banyak sekali kelebihan dari Blogger ini, salah satu kelebihan yang mencolok adalah “GRATIS”. Seperti disinggung diatas bahwa blogger adalah salah satu layanan dari Google dan seperti yang kita tau bahwa rata-rata layanan Google adalah gratis dan tanpa biaya.
Kelebihan lainnya dari Blogger adalah:
  • Blogger adalah salah satu layanan Google jadi bisa diintegrasikan dengan layanan Google lainnya misalnya seperti Adsense dimana kita bisa lebih mudah memonetisasi atau menghasilkan uang dari blog
  • Lebih mudah masuk page one, ini hanya opini dari beberapa review karena Blogger adalah layanan Google maka di halaman pertama mesin pencari google sendiri mungkin Blogger menjadi prioritas utama.
  • Tersedianya pilihan untuk mengganti subdomain (.blogspot.com) menjadi domain TLD (.com dll.)
  • Alat yang mudah digunakan dan lengkap.
  • Dll.
Sebenarnya masih banyak kelebihan blogger lainnya yang bisa anda coba sendiri, untuk kekurangan dari Blogger tidak akan saya bahas karena setiap layanan gratis tentu memiliki kekurangannya tersendiri dibanding layanan yang berbayar.

Setelah mengetahui apa itu Blogger saatnya kitaa mengetahui apa itu WordPress.

Apa itu WordPress?

Menurut Wikipedia:

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang open source atau GRATIS yang utamanya dibangun bersama dengan MySQL dan PHP serta berlisensi dibawah GPL.
Sejarah singkat dari WordPress ini adalah ketika layanan ini dikembangkan oleh Matt Mullenweg yang merupakan seorang pengusaha media online dari Amerika, dia juga merupakan seorang web developer sekaligus musisi.
Setelah Matt Mullenweg putus kuliah dan bekerja di CNET Networks 2004-2005, Matt Mullenweg keluar dan mendirikan Automattic yang saat ini berada di San Francisco, California, Amerika. Automattic adalah induk atau cikal bakal WordPress yang masih ada sampai saat ini.
Apa kelebihan WordPress?
WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) yang terpopuler didunia. Berikut beberapa kelebihan WordPress yang dirangkum dari beberapa review:
  • Gratis, selain Blogger salah satu layanan pembuat website gratis lain adalah WordPress
  • Aman, WordPress adalah salah satu CMS terpopuler dan karena itulah wordpress sangat meningkatkan keamanan dari ancaman-ancaman yang akan menggangu client nya.
  • Themes/Template yang berfariasi dan gratis,
  • Terdapat ribuan plugin yang mudah digunakan
  • Dll.
Sama seperti Blogger, layanan WordPress juga memiliki banyak kelebihan lain yang bisa anda coba sendiri.
Antara Blogger dan WordPress Lebih Mudah Mana? Ini Penjelasannya
Baik itu Blogger ataupun WordPress memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing seperti yang sudah dijelaskan diatas. Namun jika ditanya lebih mudah mana?, sepertinya itu tergantung dari kebiasaan.
Jika anda memang pertama kali terbiasa menggunakan Blogger sebagai platform utama untuk menulis blog, maka itu adalah yang paling mudah bagi anda. Dan sebaliknya jika anda memang terbiasa menggunakan WordPress sebagai platform utama untuk menulis blog maka mungkin itu yang termudah jika dibandingkan anda menggunakan Blogger.
Tapi saya belum sama sekali menggunakan keduannya lalu bagaimana?
Ya mungkin jawaban saya agak membingungkan bagi anda yang belum pernah sama sekali menggunakan keduanya, baik itu Blogger ataupun WordPress. Jika anda memang akan membuat konten seperti blog dan anda belum memiliki domain ataupun hosting sepertinya lebih baik anda memilih Blogger sebagai platform anda.
Namun jika anda sudah memiliki domain, hosting, dan sudah agak profesional, lebih baik anda memilih WordPress sebagai platform anda. Karena WordPress itu mungkin lebih bebas, karena anda tidak perlu takut akan pelanggaran apapun karena WordPress itu akan seperti menjadi rumah anda.
Kesimpulan
Mungkin anda perlu mencari tau lebih banyak tentang apa yang anda butuhkan atau mungkin apa yang anda inginkan. Blogger ataupun WordPress memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi jika anda hanya melihat kekurangan sebagai  pandangan utama lebih baik anda melihat kelebihan dari setiap layanan. Setiap layanan tentu akan memberikan suatu peningkatan setiap tahun yang akan membuatnya lebih baik.
Baik itu blogger ataupun WordPress adalah sebuah platform website yang besar dan mudah dalam pengoprasiannya, bagus atau tidaknya suatu layanan bukan tergantung kemudahan atau kualitasnya. Itu tergantung dari si pemakai yang membuat platform itu menjadi lebih baik.
Sekian semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *