Contoh Karangan Eksposisi atau Pemaparan |LENGAP Beserta Pengertiannya

#Pengertian Karangan Eksposisi atau Pemaparan
Karangan eksposisi atau pemaparan adalah karangan yang berisi pemaparan terhadap suatu konsep, gagasan, atau ide dengan tujuan menguraikan, mengupas, atau menerangkan sesuatu yang menambah pengetahuan atau wawasan pembaca. Karangan ini terkadang disertai dengan penambahan bentuk-bentuk fisual, seperti grafis, bagan, atau denah.
Nah itulah pengertiannya, sekarang tidak usah kita bertele-tele lagi, bercakap-cakap lagi, sudah saatnya gue memberikan contoh karangan eksposisi atau pemaparan, berikut ialah beberapa contohnya:
KUCING
   Kucing adalah hewan yang sangat lucu, dan binatang ini biasanya dipelihara oleh manusia. Kucing juga mempunyai berbagai macam warna dan jenisnya. Orang yang memelihara kucing akan merasakan ketenangan dan kesenangan tersendiri, begitupun orang yang hanya melihatnya. Dalam memelihara Kucing harus berhati-hati untuk memberi makanan kepada kucing, karena jika sembarangan memberi makanan dapat mengakibatkan sakit ataupun kematian bagi kucing itu sendiri.
   Untuk memelihara kucing hal-hal yang harus diperhatikan yaitu, kebersihan kandang, makanan yang sesuai dan teratur, kesehatan kucing, dan tang tidak kalah penting adalah kenyamanan kucing itu sendiri. Kucing sangat cocok di pelihara karena dapat memberikan semangat dan kesegaran tersendiri bagi pemiliknya.

Memelihara Ikan

   Ikan merupakan salah satu hewan air yang banyak dipelihara oleh manusia, mulai dari untuk hiasan rumah hingga jualan. Memelihara ikan, terutama ikan hias akan memberikan ketenangan serta kesegaran ketika orang lain melihatnya. Memelihara ikan perlu perawatan yang rutin sehingga ikan kita tidak mati.
   Dalam memelihara ikan hias yang harus dilakukan adalah mempersiakan kolam atau akuarium, tata sebaik mungkin aquarium tersebut sehingga memberikan kenyamanan orang yang melihatnya.
   Isilah aquarium tersebut dengan air bersih serta masukan pula ikan hias yang sebelumnya telah disiapkan. Untuk memilih ikan carilah ikan yang kondisinya lincah dan tidak cacat.
   Untuk pemberian pakan haruslah teratur, biasanya dilakukan tiga kali dalam sehari. Jangan terlalu banyak memberi pakan agar air tidak keruh, dan ikan tidak mati. Carilah pakan ikan yang sesuai dengan jenis ikan yang dipelihara.
   Perawatan seperti pembersihan aquarium dan juga penggantian air harus rutin dilakukan minimal seminggu sekali. Sebelum aquarium dibersihkan sebaiknya ikan-ikan ditaruh terlebih dahulu di dalam ember yang berisi air bersih.
   Dalam memelihara ikan sebaiknya jangan satukan antara ikan kecil dan ikan besar, hal ini agar tidak terjadi kanibalisme. Untuk peletakan aquarium bisa diletakan diruang tamu, atau juga ruang kerja. Kesegaran yang diberikan oleh pemandangan ikan di aquarium merupakan salah satu obat stress, dan membuat orang bersemangat lagi.

Transportasi Umum di Indonesia
   Transportasi merupakan perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh mesin. Sedangkan transportasi umum yaitu transportasi yang digunakan secara massal atau bukan secara pribadi. Indonesia mengenal berbagai jenis transportasi umum. Transportasi umum di Indonesia dibagi menjadi tiga, yakni transportasi darat, udara dan laut.
   Transportasi darat merupakan transportasi yang menggunakan prasarana jalan, baik itu jalan raya, jembatan, rel, terminal, stasiun maupun halte. Jenis transportasi umum yang termasuk transportasi darat yaitu angkutan jalan (lin, angkutan kota, angkutan umum), kereta api dan bus. Transportasi umum dengan sekala kecil yang biasa digunakan masyarakat baik di desa atau kota adalah bemo, helicak dan bajaj.
   Transportasi udara merupakan transportasi yang menggunakan prasarana bandar udara. Transportasi udara yang termasuk dalam transportasi umum hanya pesawat terbang. Pesawat terbang ini melayani domestik bahkan mancanegara.
   Transportasi yang terakhir adalah transportasi laut. Transportasi ini menggunakan pelabuhan dan galangan kapal sebagai prasarananya. Transportasi laut yang termasuk dalam transportasi laut adalah kapal, feri dan sampan. Sampan biasa digunakan untuk mengangkut penumpang dalam sekala kecil. Biasanya sekitar 2-8 orang.
   Penggolongan transportasi umum di Indonesia tersebut didasarkan pada tempat beroperasinya. Baik di darat, di laut maupun di udara sudah tersedia sarana yang juga didukung prasarana yang memadai. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia tidak perlu lagi merasa bingung jika ingin bepergian ke mana saja. Tersedia berbagai pilihan transportasi umum yang sesuai kebutuhan dan tentunya kantong masing-masing.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah
   Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. Setiap sekolah selalu mengajarkan anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, menyapu ruang kelas, dan lain-lain.
   Pembagian piket kelas menjadi salah satu cara untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Petugas piket biasanya melakukan tugas membersihkan ruang kelas. Seperti menyapu kelas, menghapus papan tulis, dan menyiapkan spidol atau kapur tulis. Selain itu, setiap hari jumat selalu digunakan untuk melakukan kerja bakti membersihkan sekolah setelah pelajaran pertama selesai. Banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan “Jum’at Bersih. Selain lingkungan sekolah bersih, hubungan murid dan guru juga bisa semakin akrab dengan adanya kerja sama.
   Kebersihan lingkungan sekolah adalah hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor yang sangat penting dalam meraih keberhasilan proses belajar mengajar. Kebersihan lingkungan sekolah akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan sekolah tetap sehat terawat secara berkesinambungan.

SeKiAn & TeRiMaKaSiH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *