Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Zaman Milenial Ini !

Peran Keluarga dalam pendidikan anak usia dini

Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Zaman Milenial Ini ! – Jika kita memperhatikan dan menelaah kembali Peran ayah dan ibu sejak kita masih saat kecil memang sangat besar peran nya dalam pendidikan keluarga. Hal ini karena pendidikan yang paling mendalam sebelum kita bisa terjun ke lingkungan sosial atau masyarakat adalah lingkungan keluarga. Oleh sebab itu, peran keluarga dalam pendidikan anak usia dini sangat penting sekali.

Tetapi apakah pendidikan usia dini di zaman ketika kita masih kecil dengan zaman sekarang yang semuanya sudah menggunakan teknologi masih sama, atau ada beberapa perbedaan ?

Tentu sangat berbeda, karena banyak hal – hal yang telah berubah di dunia ini, dan tentunya jika kita masih menggunakan sistem pendidikan yang sama dengan 20 tahun yang lalu, maka sangat kurang efektif untuk digunakan kembali di zaman sekarang.

Karena orang tua adalah figur pertama yang dicontoh oleh anak. Maka sebelum melakukan pendidikan anak usia dini di zaman milenial ini, kita juga sebagai orang tua harus melek terhadap teknologi dan tentunya menggunakan teknologi sebijak mungkin. Karena apa yang kita lakukan setiap hari merupakan sesuatu yang akan di contoh oleh anak – anak kita baik cepat ataupun lambat.

Terlebih lagi di beberapa beranda seperti platform instagram, youtube, facebook, dan mesin pencarian google akan cenderung menampilkan hal yang sering kita cari setiap hari. Semisal kita sering mencari resep makanan, maka yang akan tampil di pencarian instagram kita dan beranda youtube kita adalah tips – tips dan semua hal tentang makanan.

Nah tetapi jika kita mencari sebuah hal – hal yang berbau negatif, tentu jejak digital kita itu akan secara otomatis terekam oleh Artificial Intelegent smartphone kita. Maka dari itu memperbaiki diri agar bisa dengan bijak menggunakan teknologi adalah kunci pertama untuk menerapkan pendidikan anak usia dini di tahun 2019 ini.

Pendidikan merupakan unsur yang sangat  vital dalam kehidupan sehari – hari manusia, tanpa pendidikan kehidupan manusia tidak akan pernah bisa berkembang secara wajar. Oleh karena itu pendidikan menjadi salah satu tolak ukur dalam kredibilitas manusia dalam menjalani kehidupan. Dunia saat ini memandang bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan manusia, maka semakin tinggi juga tingkat kredibilitas yang dimiliki oleh manusia tersebut.

Yang penting untuk dipertanyakan adalah pendidikan yang seperti apa yang membuat manusia memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi ?

Nah ini merupakan PR bersama untuk semua orang tua. Orangtua harus menanamkan pertanyaan yang paling mendasar pada diri mereka. Apakah pendidikan keluarga yang selama ini digembor – gemborkan oleh pemerintah masih efektif diterapkan pada anak – anak di zaman sekarang ?
Apakah pendidikan seperti itu akan membuat anak bahagia dalam belajar atau menjadi tertekan karena pelajaran ?

Ini merupakan sebuah tantangan untuk mengambil langkah pasti dalam merombak pendidikan di zaman milenial ini khususnya di lingkungan keluarga. Pendidikan keluarga adalah sepenuhnya hak prerogatif orang tua, maka sebagai orang tua harus bisa merancang sistem pendidikan usia dini di keluarga sekreatif mungkin dan menyesuaikan dengan zaman.

Orangtua bisa mulai membatasi penggunaan gadget, memberi pemahaman mengenai gadget, lebih perbanyak interaksi dengan orang tua, lebih menghabiskan waktu seperti memasak, membaca buku, dan juga bercerita tentang segala hal yang terjadi di dunia ini bersama dengan keluarga atau sisihkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk saling berbagi bersama. Nah sisanya kita habiskan untuk berkumpul bersama keluarga di rumah dan melakukan banyak hal yang secara terus menerus baik cepat ataupun lambat akan menumbuhkan ikatan emosional yang mendalam yang akan dirasakan oleh anak di Usia Dini.

Orangtua juga bisa membawa anak-anak usia Dini untuk diperlengkapi dalam bidang-bidang pelajaran ataupun melatihnya untuk dapat berinteraksi dengan orang lain. Apple Tree Pre-School BSD menyediakan layanan yang berporos kepada Perkembangan Semua aspek perkembangan Anak dan melatih anak serta meyakinkan orangtua untuk menyadari betapa pentingnya pendidikan anak usia dini diterapkan sejak dini, terkhususnya dalam menghadapi perkembanga di Zaman Milenial.

Maka dari itu mulai dari saat ini mulailah dari kita sendiri, untuk memulai suatu perubahan yang akan mencerdasarkan anak-anak usia dini dan memantapkan keseriusan orangtua serta berani mengambil keputusan yang penting demi perkembangan Anak Usia Dini.

#appletreebsd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *